PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I MAYUNGAN NGAWEN KLATEN

Wari, Istirin (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I MAYUNGAN NGAWEN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Istirin Wari.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran melalui Model Pembelajaran Kooperatif The Power Of Two pada siswa kelas IV SD Negeri I Mayungan Ngawen Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model spiral Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri I Mayungan Ngawen Klaten yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknk analisis data deskriptif kualitatif untuk menganalisis data observasi, dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif untuk mengolah nilai siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata hasil tes siswa lebih dari 65 dan mencapai ketuntasan sebesar 75% atau 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif The Power Of Two dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu terbukti dengan hasil tes pada pra tindakan terdapat 5 siswa atau 25 % dari 20 siswa yang tuntas belajar, meningkat menjadi 12 siswa atau 60 % tuntas belajar pada siklus I. Pada siklus II, meningkat menjadi 17 siswa atau 85 % yang tuntas belajar. Nilai rata-rata siswa pada pra tindakan yaitu 51,8 pada siklus I 64,9 dan pada siklus II menjadi 74,3. Kata kunci : Hasil Belajar, Pengukuran, The Power Of Two

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 May 2013 04:33
Last Modified: 29 Jan 2019 18:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10504

Actions (login required)

View Item View Item