IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERINTEGRASI KE DALAM PEMBELAJARAN MATA DIKLAT TEORI KEJURUAN PADA SMK JURUSAN BANGUNAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Fistian , Novita (2013) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERINTEGRASI KE DALAM PEMBELAJARAN MATA DIKLAT TEORI KEJURUAN PADA SMK JURUSAN BANGUNAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
JURNAL FISTIAN NOVITA (10505247001).pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang dikembangkan oleh guru mata diklat teori kejuruan pada SMK Jurusan Bangunan di D.I. Yogyakarta yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran, (2) mengetahui strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru mata diklat teori kejuruan pada SMK Jurusan Bangunan di D.I. Yogyakarta dalam mengintegrasikan muatan nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran, dan (3) mengidentifikasi kendala-kendala yang dialami oleh guru mata diklat teori kejuruan pada SMK Jurusan Bangunan di D.I. Yogyakarta dalam mengintegrasikan muatan nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah jenis penilitian diskriptif yang dilakukan melalui metode survei pada 8 (delapan) SMK negeri Jurusan Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sumber data (responden) dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar mata diklat teori kejuruan yang berjumlah 16 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan terhadap validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik diskriptif, baik secara kuantatif maupun kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai-nilai karakter yang diintegrasikan ke dalam kegiatan pembelajaran oleh 81,25% responden belum direncanakan secara tertulis dan eksplisit ke dalam dokumen silabus dan RPP, (2) Strategi pembelajaran yang terkait dengan metode dan pendekatan pembelajaran yang diterapkan oleh 62,5% responden juga belum direncanakan secara tertulis dan eksplisit ke dalam dokumen silabus dan RPP, (3) Evaluasi pendidikan karakter sudah dilaksanakan oleh 100% guru yang menjadi responden, dan 43,75% responden sudah memilih serta menerapkan teknik penilaian yang tepat sesuai nilai karakter yang diintegrasikan, akan tetapi 56,25% responden belum merencanakan secara tertulis dalam dokumen silabus dan RPP, dan (4) Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru terutama berkaitan dengan kurangnya pedoman untuk merencanakan, melaksanakan, dan melakukan evaluasi pembelajaran nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 17 May 2013 01:26
Last Modified: 29 Jan 2019 18:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10449

Actions (login required)

View Item View Item