STUDI KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER JURUSAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERMENDIKNAS No. 40 TAHUN 2008

Bintar Pandu, Wiyana (2013) STUDI KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER JURUSAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERMENDIKNAS No. 40 TAHUN 2008. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kelayakan sarana dan prasarana laboratorium komputer pada Program Keahlian Teknik Otomasi Industri di SMK Negeri 2 Yogyakarta berdasarkan standar yang dipersyaratkan oleh PERMENDIKNAS RI No. 40 Tahun 2008. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru bidang praktik dengan Komputer dan penanggungjawab laboratorium komputer, sedangkan obyek penelitiannya adalah sarana dan prasarana di laboratorium komputer khususnya ditinjau dari luas ruang laboratorium komputer, perabot di ruang laboratorium komputer, peralatan pendidikan di ruang laboratorium komputer, media pendidikan dan perangkat lain yang berada di laboratorium komputer pada program keahlian teknik otomasi industri SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan checklist yang digunakan pada saat observasi. Data sarana dan prasarana yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan instrumen penelitian yang telah ditentukan yang berdasarkan PERMENDIKNAS No. 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian kelayakan ditinjau dari luas ruang laboratorium komputer adalah 92,35% (sangat layak), perabot pada ruang laboratorium komputer 95% (sangat layak). Kelayakan ditinjau dari media pendidikan di ruang laboratorium komputer 100% (sangat layak), peralatan di ruang laboratorium komputer 78,57% (sanagat layak), dan perangkat lain di ruang laboratorium komputer 55,58% (layak).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2013 01:36
Last Modified: 29 Jan 2019 18:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10368

Actions (login required)

View Item View Item