PERANAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM

Ananto , Nurhasan (2013) PERANAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui disiplin belajar siswa kelas XI Program Keahlian Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Salam, (2) mengetahui perhatian orangtua terhadap siswa kelas XI Program Keahlian Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Salam dalam hal pendidikan, dan (3) mengetahui pengaruh perhatian orangtua terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI Program Keahlian Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Salam. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Salam tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah sebanyak 135 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi sehingga seluruh elemen populasi dilibatkan dalam pengumpulan data penelitian. variabel pada penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu perhatian orangtua sebagai variabel bebas dan disiplin belajar sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket atau kuesioner. Setelah penyebaran angket diperoleh sebanyak 117 eksemplar data yang dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif, regresi.sederhana dengan uji determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Salam tahun ajaran 2012/2013 memperoleh perhatian orangtua yang tergolong tinggi, yaitu sebanyak 44 siswa (37,6%). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa disiplin belajar pada mayoritas siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Salam tahun ajaran 2012/2013 juga tergolong tinggi dengan jumlah sebanyak 47 siswa (40,2%). Analisis regresi memberikan hasil yang menujukkan bahwa ada pengaruh positif dari perhatian orangtua terhadap disiplin belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Salam tahun ajaran 2012/2013. Uji determinasi menunjukkan bahwa peranan perhatian orangtua terhadap disiplin belajar siswa adalah sebesar 81,2%. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa hipotesis penelitian dapat diterime, yaitu “terdapat pengaruh positif dan signifikan dari perhatian orang tua terhadap disiplin belajar siswa pada kelas XI Program Keahlian Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Salam tahun ajaran 2012/2013”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2013 02:01
Last Modified: 29 Jan 2019 18:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10335

Actions (login required)

View Item View Item