Hubungan Lingkungan Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat Terhadap Karakter Siswa SMK Negeri 2 Wonosari Kelompok Teknologi

Bayu, Ananta (2013) Hubungan Lingkungan Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat Terhadap Karakter Siswa SMK Negeri 2 Wonosari Kelompok Teknologi. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kondisi karakter siswa, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat siswa SMK Negeri 2 Wonosari kelompok teknologi; (2) hubungan antara lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat dengan karakter siswa SMK Negeri 2 Wonosari kelompok teknologi. Populasi penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Wonosari kelompok teknologi. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan pada tabel Isaac & Michael dengan mengambil tingkat kesalahan α sebesar 5%. Jumlah sampel setiap kelas diambil secara proportional terhadap populasi yang bersangkutan. Sampel dipilih secara random pada setiap kelas, dengan cara tersebut diperolah jumlah sampel sebanyak 243 siswa terdiri atas kelas X = 121 siswa dan kelas XI = 122 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan analisis korelasi parsial dan analisis regresi metode stepwise dengan bantuan program SPSS v.17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kondisi karakter siswa kategori baik (42,03%); Kondisi lingkungan sekolah kategori sedang (50,20%); Kondisi lingkungan keluarga kategori baik (41,5%); Kondisi lingkungan masyarakat kategori sedang (48,15%). (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan karakter siswa SMK Negeri 2 Wonosari kelompok teknologi (p < 0,05; Rx1-y = 0,174); (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan karakter siswa SMK Negeri 2 Wonosari kelompok teknologi (p < 0,05; Rx2-y = 0,219); (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan masyarakat dengan karakter siswa SMK Negeri 2 Wonosari kelompok teknologi (p < 0,05; Rx3-y = 0,209); (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat dengan karakter siswa SMK Negeri 2 Wonosari kelompok teknologi (p < 0,05; R(x1,x2,x3) - y = 0,241). Sumbangan efektif ubahan lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat secara bersama-sama sebesar 0,58 (5,8%); dengan persamaan garis regresi Y = 130,529 + 0,086X1 + 0,226X2 + 0,197X3.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2013 01:17
Last Modified: 29 Jan 2019 18:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10332

Actions (login required)

View Item View Item