IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SDN I BLIMBING KARANGNONGKO KLATEN

Utami, Tri (2013) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SDN I BLIMBING KARANGNONGKO KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tri Utami.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III SDN I Blimbing Karangnongko Klaten. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tahapan siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN I Blimbing Karangnongko Klaten yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah implementasi pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dengan tahap-tahap STM (Sains Teknologi Masyarakat), lembar kerja siswa, lembar observasi guru dan siswa dalam penerapan pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat). Hasil penelitian berdasarkan pengamatan yang dilakukan menunjukkan bahwa implementasi pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas III SDN I Blimbing, Karangnongko, Klaten. Nilai rata-rata sebelum tindakan adalah 56,42 meningkat sebesar 3,22 menjadi 59,64 pada silkus I. Sedangkan siklus II terjadi peningkatan nilai sebesar 6,78 pada siklus I 59,64 meningkat menjadi 66,42. Kata kunci: Hasil belajar, IPS, Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Apr 2013 03:47
Last Modified: 29 Jan 2019 18:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10328

Actions (login required)

View Item View Item