APLIKASI SISTEM POWER WINDOW PADA DAIHATSU CHARADE TAHUN 1982

RIZKI NOOR , MARHABAN (2013) APLIKASI SISTEM POWER WINDOW PADA DAIHATSU CHARADE TAHUN 1982. D3 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
jurnal TA,D3.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Tujuan proyek akhir ini adalah dapat merancang aplikasi, mengaplikasikan dan mengetahui kinerja sistem power window pada Daihatsu Charade Tahun 1982. Proses pengaplikasian sistem power window meliputi penentuan tata letak masing – masing komponen, panjang kabel yang dibutuhkan, pemilihan saklar dan motor power window, pembuatan rancangan bentuk modifikasi regulator dan pintu kendaraan, rangkaian kelistrikan, rancangan kebutuhan lain seperti membuat hand rest sebagai tempat dudukan saklar power window dan door trim sebagai tempat peletakan hand rest serta persiapan alat dan bahan. Pengujian yang dilakukan pengujian fungsi komponen dan fungsi sistem pada power window diantaranya pengujian tegangan kerja, arus kerja, daya yang dibutuhkan sewaktu sistem bekerja dan membandingkan hasil analisa kecepatan naik/turun kaca antara mobil yang sudah dilengkapi sistem power window dengan hasil aplikasi sistem power window Daihatsu Charade tahun 1982. Hasil rancangan dapat tersusun dengan baik, dapat mengaplikasikan pada kendaraan dengan benar. Hasil aplikasi power window diperoleh data dari beberapa pengujian yaitu untuk fungsi komponen, komponen dapat bekerja dengan normal untuk fungsi sistem kebutuhan tegangan kerja power window saat naik/turun 12 V pada semua pintu. Kebutuhan arus rata – rata pintu depan kanan naik 7 A dan turun 6,4 A pintu depan kiri naik 4,5 A dan turun 3,9 A. Pintu belakang kanan naik 5,7 A dan turun 3,9 A. Pintu belakang kiri naik 3,9 A dan turun 3 A. Daya yang dibutuhkan pintu kiri depan saat naik 54 W turun 46,8 W pintu kanan depan naik 84 W turun 76,8 W pintu kiri belakang naik 46,8 W turun 36 W pintu kanan belakang naik 68,4 W turun 46,8 W. Fungsi sistem dapat bekerja dengan normal. Hasil analisis membandingkan kecepatan naik/turun kaca antara mobil Toyota Kijang SSX dan Daihatsu Charade yaitu terjadi selisih, saat kaca naik selisihnya 0,95 detik dan saat turun 0,52 detik, jadi untuk kecepatan naik/turun kaca Daihatsu Charade lebih cepat yaitu pada saat naik 2,3 detik dan turun 2,0 detik sedangkan pada Toyota Kijang SSX saat naik 3,15 detik dan turun 2,52 detik. Selisih tersebut tidak beda jauh dengan mobil Toyota Kijang SSX, maka power window pada Daihatsu Charade dapat bergerak naik/turun dengan kecepatan normal.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2013 00:36
Last Modified: 29 Jan 2019 02:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10310

Actions (login required)

View Item View Item