MODIFIKASI SISTEM PENGGERAK HIDROLIK PADA KOPLING DAIHATSU CHARADE TAHUN 1982

Andi , Ardianto (2013) MODIFIKASI SISTEM PENGGERAK HIDROLIK PADA KOPLING DAIHATSU CHARADE TAHUN 1982. D3 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL PROYEK AKHIR.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari modifikasi sistem penggerak hidrolik pada kopling mobil Daihatsu Charade adalah dapat merancang sistem penggerak kopling hidrolik, dapat mengaplikasikan sistem penggerak kopling hidrolik, dapat mengetahui kinerja dan hasil setelah dilakukan modifikasi. Proses modifikasi sistem kopling penggerak hidrolik meliputi perancangan, proses pembuatan, proses pemasangan, dan pengujian. Perancangan meliputi pemilihan master cylinder dan release cylinder, perancangan dudukan master cylinder dan release cylinder, pemilihan pedal kopling dan perancangan dudukan pedal kopling serta penahan push rod release cylinder. Proses pembuatan meliputi persiapan bahan dan alat, pembuatan dudukan master cylinder, release cylinder, pedal kopling serta bantalan push rod. Proses pemasangan yaitu pemasangan semua komponen pada sistem kopling penggerak hidrolik yang meliputi pemasangan master cylinder beserta dudukannya, pemasangan dudukan pedal kopling dan pedal kopling, pemasangan penahan push rod, pemasangan release cylinder bersama dengan dudukannya, pemasangan selang kopling, mengisi minyak hidrolik dan membleding minyak kopling. Setelah proses pemasangan rangkaian sistem penggerak kopling hidrolik selesai maka dilakukan pengujian meliputi fungsi kerja dan mengukur gaya pedal kopling penggerak hidrolik. Hasil modifikasi sistem kopling penggerak hidrolik dapat bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya didapatkan dari hasil uji jalan sistem kopling dapat memutus dan menghubungkan putaran dari mesin ke pemindah tenaga dengan halus, tanpa getaran, tidak berisik dan tidak slip. Dari hasil pengukuran gaya pedal kopling sebelum dimodifikasi yaitu 8,5 kg dan setelah dilakukan modifikasi turun menjadi 5 kg dari pengukuran dapat disimpulkan bahwa pedal kopling Daihatsu charade lebih ringan 3,5 kg.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 09 Apr 2013 00:34
Last Modified: 09 Apr 2013 00:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10309

Actions (login required)

View Item View Item