PENERAPAN PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR (PLAS) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SDN PANCURANMAS

Pujiastuti, Ari (2013) PENERAPAN PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR (PLAS) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SDN PANCURANMAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ari Pujiastuti.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar pada siswa kelas IV SD Negeri Pancuranmas, Magelang Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model siklus yang dilaksanakan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pancuranmas Kabupaten Magelang yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui peningkatan aktivitas ketrampilan proses siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar berupa produk siswa dengan menggunakan instrumen berupa tes kognitif. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pancuranmas dengan membaiknya nilai rata-rata kelas yang didapatkan pada tiap akhir siklus. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus hanya mencapai 6,03 meningkat menjadi 6,44 pada hasil tes di akhir siklus I, kemudian pada tes akhir siklus II mencapai 7,31. Kata kunci : Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar, deskriptif kuantitatif, peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Mar 2013 03:35
Last Modified: 29 Jan 2019 18:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10302

Actions (login required)

View Item View Item