MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE MENJIPLAK PADA SISWA KELAS II SD BANYUDONO 4 DUKUN MAGELANG

Basuki, Makmun (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE MENJIPLAK PADA SISWA KELAS II SD BANYUDONO 4 DUKUN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Makmun Basuki.pdf

Download (48Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis tegak bersambung melalui menerapkan metode menjiplak pada siswa kelas II SD Negeri Banyudono 4 Dukun Magelang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Banyudono 4 Dukun Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahapan untuk setiap siklusnya. Tahap‐tahap untuk setiap sikius tersehut adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan observasi kegiatan pembelajaran menulis tegak bersambung. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif yang disajikan dengan tabel dan juga secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis permulaan pada siklus I ke sikius II. Peningkatan ini diketahui dari hasil tes evaluasi akhir siklus yang mencapai nilai rata‐rata kelas pada siklus I yaitu 65,58 dan jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal belajar ada 15 siswa atau 57,69%. Pada sikius II rata‐ rata kelas menjadi 83,27 dan jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal belajar ada 22 siswa atau 84,62%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode menjiplak dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung pada siswa kelas II SD Negeri Banyudono 4 Dukun Magelang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Depositing User: admin PGSD fip
Date Deposited: 28 Mar 2013 03:35
Last Modified: 28 Mar 2013 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10300

Actions (login required)

View Item View Item