PERANAN PENGUATAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SD NEGERI BERBAH I SLEMAN

Sabandini, Meirina (2013) PERANAN PENGUATAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SD NEGERI BERBAH I SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Meirina Sabandini.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SD Negeri Berbah I Sleman dengan menggunakan penguatan verbal dan nonverbal secara bersama- sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Robin Mc Taggart yaitu meliputi : (1) perencanaan, (2) tindakan dan observasi,(3) refleksi dan revisi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus melalui tiga pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Berbah I Sleman yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 14 siswa putri.Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes dan observasi berfungsi untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian. Data yang dihasilkan adalah bentuk data kuantitatif deskripstif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran keterampilan membaca dengan menggunakan penguatan verbal dan nonverbal secara bersama- sama dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SD Negeri Berbah I Sleman. Peningkatan keterampilan membaca siswa menggunakan penguatan verbal dan nonverbal secara bersama- sama dibuktikan dengan adanya peningkatan pada siklus I sebesar 0,3, kondisi awal 6,8 meningkat menjadi 7,1. Dan pada Siklus II mengalami peningkatan keterampilan sebesar 0,7, kondisi awal 6,8 menjadi 7,5. Kata Kunci: penguatan, keterampilan membaca

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Mar 2013 03:35
Last Modified: 29 Jan 2019 18:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10296

Actions (login required)

View Item View Item