PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SUMBER I BERBAH SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013.

Inayati, Farida Faizah (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SUMBER I BERBAH SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Farida Faizah Inayati.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri Sumber 1 Berbah, Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sumber 1 Berbah dengan jumlah sebesar 25 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan untuk hasil tes siswa adalah analisis deskriptif kuantitatif. Keberhasilan pencapaian indikator hasil siswa adalah 75% siswa yang tuntas mencapai KKM. Hasil penelitian ini bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Sumber 1 Berbah. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai siswa setelah adanya tindakan siklus I dan siklus II. Keterampilan menulis siswa melalui pembelajaran kontekstual setelah tindakan siklus I meningkat sebesar 7,2 (dengan kondisi awal 64,28 meningkat menjadi 71,48) dan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi setelah tindakan siklus II sebesar 14,72 (dengan kondisi awal 64,28 meningkat menjadi 79). Peningkatan persentase ketuntasan nilai siswa setelah tindakan siklus I adalah 56% dan peningkatan persentase ketuntasan setelah siklus II sebesar 88%. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Karangan Narasi, Pembelajaran Kontekstual, Siswa Kelas V.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Mar 2013 03:35
Last Modified: 29 Jan 2019 18:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10295

Actions (login required)

View Item View Item