UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SALAKAN LOR KECAMATAN KALASAN SLEMAN

Rahayu, Purwanita (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI SALAKAN LOR KECAMATAN KALASAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Purwanita Rahayu.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Strategi Multiple Intelligences guna meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VI di SD Negeri Salakan Lor kalasan Sleman. Jenis metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan alur model Kurt Lewin. Subjek penelitian siswa kelas VI SD Negeri Salakan Lor Kalasan Sleman yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas instrumen dicari dengan menggunakan experts judgement ( pendapat ahli ). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar IPS, untuk ranah kognitif mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) , untuk ranah afektif dan psikomotorik telah mencapai kriteria baik dengan persentase antara 76,19% sampai dengan 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan proses belajar mengajar dengan menggunakan Multiple Intelligences dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini terbukti dengan hasil belajar ranah kognitif, afektif, psikomotorik subjek penelitian yang mengalami peningkatan. Peningkatan presentase hasil belajar yaitu pratindakan ranah kognitif 19,04% afektif dan psikomotorik 0%; siklus I ranah kognitif 76,19% ranah afektif 85,71% ranah psikomotorik 76,19% dan siklus II ranah kognitif 85,71% ranah afektif 100% ranah psikomotorik 90,48%. Kata kunci: hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, multiple intelligences

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Mar 2013 00:47
Last Modified: 29 Jan 2019 18:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10288

Actions (login required)

View Item View Item