KONTRIBUSI KREATIVITAS, KEMAMPUAN AWAL, DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK INSTALASI HOME THEATER SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Dewi , Indriati H.P (2013) KONTRIBUSI KREATIVITAS, KEMAMPUAN AWAL, DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK INSTALASI HOME THEATER SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (570kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran kreativitas, kemampuan awal, gaya belajar dan prestasi belajar pada mata pelajaran praktik instalasi home theater, (2) mengetahui kontribusi kreativitas melalui kemampuan awal berdasarkan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik terhadap prestasi belajar praktik instalasi home theater kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video (TAV) SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain expost facto (korelasional) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video yang berjumlah 44 responden. Teknik pengumpulan data untuk variabel kreativitas dan gaya belajar menggunakan metode angket, sedangkan untuk variabel kemampuan awal dengan tes, dan variabel prestasi belajar dengan metode dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis pada penelitian ini meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Analisa data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran variabel dan teknik pengujian regresi linier sederhana dengan analisis jalur digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kreativitas sebagian siswa kelas XI TAV SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta (54,55%) termasuk dalam kategori cukup, kemampuan awal sebagian siswa kelas XI TAV SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta (61,36%) termasuk dalam kategori cukup, gaya belajar siswa kelas XI TAV SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta terdiri dari 3 macam yaitu sebagian dengan gaya belajar visual (54,5%), sebagian kecil dengan gaya belajar auditorial (34,1%) dan sebagian kecil dengan gaya belajar kinestetik (11,36%), prestasi belajar sebagian siswa kelas XI TAV SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta (65,91%) termasuk dalam kategori tinggi; (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan pada kreativitas secara langsung sebesar 0,3% dan melalui kemampuan awal sebesar 1,2% berdasarkan gaya belajar visual terhadap prestasi belajar praktik instalasi home theater; (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan pada kreativitas secara langsung sebesar 3,8% dan melalui kemampuan awal sebesar 0,7% berdasarkan gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar praktik instalasi home theater; (4) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan pada kreativitas secara langsung sebesar 8,2% dan terdapat kontribusi yang positif namun tidak signifikan pada kreativitas melalui kemampuan awal sebesar 14,5% berdasarkan gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar praktik instalasi home theater.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2013 02:01
Last Modified: 29 Jan 2019 18:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10277

Actions (login required)

View Item View Item