PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH TERHADAP PERILAKU AKADEMIK SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Wahyu , Mustaqim (2013) PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH TERHADAP PERILAKU AKADEMIK SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (504Kb) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter yang ada di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Tujuan yang lain adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendidikan karakter di sekolah terhadap perilaku akademik siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Jenis penelitian iniadalah penelitian expost facto dengan menggunakan metode penelitian campuran (mixed methods). Tempat penelitian dilakukan di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan. Analisis yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis untuk menguji hipotesis digunakan uji t yang sebelumnya data dilakukan uji normalitas, homogenitas dan linearitas. Analisis data kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari analisa kualitatif, ada pengaruh antara penerapan pendidikan karakter terhadap perilaku akademik siswa. Besarnya pengaruh yang terjadi dari penerapan pendidikan karakter yang dilakukan oleh pihak sekolah adalah sebesar 39,7%. Hasil tersebut didukung dengan data kualitatif yang dapat disimpulkan bahwa penerapan pendidikan karakter memiliki pengaruh terhadap perkembangan perilaku akademik siswa. Pengaruh yang terjadi merupakan pengaruh positif sehingga perilaku akademik siswa menjadi lebih berkarakter. Kesimpulan tersebut terbukti dari banyaknya indikator yang tercapai dari penerapan pendidikan karakter. Dengan demikian, berdasarkan kesimpulan data kualitatif dan kuantitatif, maka hasil penerapan pendidikan karakter di SMK PIRI 1 Yogyakarta tergolong baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 21 Mar 2013 01:00
Last Modified: 21 Mar 2013 01:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10264

Actions (login required)

View Item View Item