MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI PENDEKATAN VERIFICATION LABORATORY DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI I KEBON GEMBONG, KENDAL

Musyiatun, Musyiatun (2012) MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI PENDEKATAN VERIFICATION LABORATORY DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI I KEBON GEMBONG, KENDAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri I Kebon Gembong Kendal dengan menggunakan pendekatan verification laboratory. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V SD Negeri I Kebon Gembong Kendal yang berjumlah 29 orang siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus tindakan. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan pendekatan verification laboratory, lembar observasi sikap ilmiah siswa, serta pedoman wawancara. Untuk menentukan validitas instrumen digunakan korelasi product moment dan dikonsultasikan dengan dosen ahli. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya sikap ilmiah siswa yaitu 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar telah mencapai taraf keberhasilan minimal B. Pada pratindakan, persentase siswa yang memperoleh nilai B sebesar 20,69%, sehingga perlu diadakan perbaikan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa di kelas tersebut. Pada siklus I, siswa dibentuk menjadi 6 kelompok yang masing-masing beranggota 4-5 siswa. Sikap ilmiah siswa pada siklus I sudah meningkat meskipun masih belum mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Persentase siswa yang memperoleh nilai B pada siklus I meningkat sebesar 17,24%. Pada siklus 2, siswa dibentuk menjadi 10 kelompok yang masing-masing beranggota 2-3 siswa. Pembentukan kelompok yang lebih kecil dibandingkan pada siklus sebelumnya diyakini dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa. Pada siklus 2, sikap ilmiah siswa dirasa sudah semakin meningkat. Hal ini terlihat dari persentase siswa yang memperoleh nilai B meningkat sebesar 51,73%. Hasil yang diperoleh dirasa sudah memuaskan karena sudah mencapai taraf keberhasilan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: sikap ilmiah dan pendekatan verification laboratory
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:34
Last Modified: 29 Jan 2019 18:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10228

Actions (login required)

View Item View Item