PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU KELAS SD DI DESA SUMBERADI KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Susanti, Riris (2013) PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU KELAS SD DI DESA SUMBERADI KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Riris Susanti.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dan kinerja guru kelas SD di Desa Sumberadi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas SD di Desa Sumberadi. Pengambilan data menggunakan angket tertutup atau kuesioner. Kuesioner digunakan untuk mengambil data tentang peran kepala sekolah dan kinerja guru kelas SD. Analisis data dilakukan secara desk riptif dengan presentase dan kategorisasi, sedangkan untuk mencari pengaruh peran kepala sekolah terhadap kinerja guru menggunakan analisis regresi tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah SD di Desa Sumberadi diperoleh hasil skor 5859 terdapat pada kategori tinggi. Dengan demikian persentase peran kepala sekolah sudah dijalankan dengan baik yaitu sebesar 80,48 %. Adapun perolehan skor pada kinerja guru kelas yaitu diperoleh hasil 6767 terdapat pada kategori tinggi dan memperoleh persentase kinerja guru kelas SD di Desa Sumberadi termasuk kategori baik yaitu 81,33 %. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa peran kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru kelas SD di Desa Sumberadi dengan sumbangan efektif sebesar 27, 3%. Kata kunci: peran kepala sekolah, kinerja guru kelas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Mar 2013 03:15
Last Modified: 29 Jan 2019 18:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10221

Actions (login required)

View Item View Item