Oktiantari, Ratna (2013) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SUNGAPAN SEDAYU BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Abstrak Ratna Oktiantari.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS melalui media gambar untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar Sungapan, Sedayu, Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) kolaborasi. Desain penelitian ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Sungapan UPT.PPD. Kecamatan Sedayu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) observasi, dan (2) tes. Adapun analisis data dengan deskriptif kuantitatif untuk hasil prestasi belajar siswa dan deskriptif kualitatif untuk hasil observasi.Pembelajaran IPS menggunakan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN Sungapan,Sedayu, Bantul. Peningkatan prestasi belajar IPS pada kondisi awal 50,48 meningkat menjadi 71,43 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33. Siswa yang nilainya sesuai dengan KKM sebelum tindakan sebanyak 4 orang meningkat menjadi 11 orang pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 20 orang. Kata kunci : prestasi belajar, IPS, media gambar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 07 Mar 2013 00:47 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10218 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |