PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI PETA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD GANDOK BANTUL

Fitriani, Nur Farida (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI PETA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD GANDOK BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nur Farida Fitriani.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Gandok pada materi peta dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) kolaborasi. Desain penelitian ini menggunakan model spiral yang terdiri dari dua siklus dengan menggunakan desain Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gandok yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan digunakannya pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran peta. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil tes pra tindakan menunjukkan ada 30,77% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥75. Hasil tes pada siklus I ada 61,54% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥75, sedangkan pada siklus II ada 80,77% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥75. Nilai rata-rata tes pra tindakan 67,3, pada siklus I yaitu 72,11 sedangkan pada siklus II yaitu 79,23. Rata-rata keaktifan siswa dalam proses pembelajaran peta pada siklus I sebanyak 65,76%, sedangkan pada siklus II ada 84,23%. Kata kunci: prestasi belajar, peta, Contextual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Mar 2013 00:47
Last Modified: 29 Jan 2019 18:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10217

Actions (login required)

View Item View Item