PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS METODE PERCOBAAN UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN SAINS KELAS V SD NEGERI TROWONO II

Utami, Hanafita Hajar (2013) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS METODE PERCOBAAN UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN SAINS KELAS V SD NEGERI TROWONO II. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Hanafita Hajar Utami.doc

Download (31kB)

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis metode percobaan pada pembelajaran Sains pokok bahasan Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan untuk kelas V SD yang memiliki kriteria penilaian minimal “baik” dan termasuk kategori layak digunakan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Penelitian didasarkan pada kebutuhan LKS yang dapat mengoptimalkan pemahaman konsep pada pembelajaran Sains di SD N Trowono II. Pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan pengembangan LKS berbasis metode percobaan pada pembelajaran Sains pokok bahasan Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan untuk siswa kelas V SD N Trowono II. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model prosedural yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria minimal “baik” sehingga layak digunakan. Hasil ini berdasarkan validasi ahli, guru, dan uji coba. Ahli materi menilai kualitas produk layak digunakan dengan rerata skor 3,67 termasuk kriteria “baik”, kualitas produk hasil validasi ahli media termasuk kriteria “baik” dengan rerata skor 3,69, dan hasil validasi guru termasuk kriteria “sangat baik” dengan rerata skor 4,26. Kualitas produk hasil uji coba kelompok skala kecil termasuk kriteria “sangat baik” dengan rerata skor 4,33 dan uji coba kelompok skala besar termasuk kriteria “baik” dengan rerata skor 4,0. Berdasarkan hasil analisis data validasi ahli materi, ahli media, guru, serta uji coba kelompok skala kecil dan kelompok besar, dapat disimpulkan bahwa produk termasuk kriteria “baik” dengan rerata skor 3,99. Selain itu, rata-rata nilai ketercapaian pemahaman konsep subjek uji coba kelompok skala kecil adalah 77,5, subjek uji coba kelompok skala besar adalah 78,12, sehingga telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Kata Kunci: LKS berbasis metode percobaan, Sains

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Mar 2013 02:17
Last Modified: 29 Jan 2019 18:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10209

Actions (login required)

View Item View Item