MENINGKATKAN KETERAMPILAN OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIBENING KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Sumarni, - (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN OPERASI HITUNG PECAHAN MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIBENING KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sumarni.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan operasi hitung pecahan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalibening dengan menggunakan metode diskusi. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalibening yang berjumlah 15 siswa. Penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan Siklus II dua pertemuan. Pada setiap siklus menggunakan empat komponen tindakan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dalam suatu spiral yang saling terkait. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Sebelum digunakan dalam penelitian, tes divalidasi secara isi dan empirik. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pra tindakan menunjukkan bahwa keterampilan operasi hitung pecahan rendah. Nilai rata-rata baru mencapai 59,33 dan prosentase ketuntasannya 40,00%. Pada tindaka siklus I dengan menggunakan metode diskusi yang anggota diskusi pada setiap kelompok 3-4 siswa, dibantu dengan panduan LKS, dan siswa diberi kesempatan untuk presentasi hasil diskusi mereka, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71,33 dan prosentase ketuntasannya menjadi 73,00%. Pada siklus II, tindakan dilakukan dengan metode diskusi dengan anggota diskusi yang diubah-ubah personilnya, guru mengontrol jalannya diskusi kelompok, alokasi waktu diskusi yang cukup (15 menit), dan siswa diberi kesempatan untuk presentasi hasil diskusinya, nilai rata-rata meningkat menjadi 80,00 dan prosentase ketuntasannya menjadi 80,00%. Kata kunci: keterampilan operasi hitung pecahan dan metode diskusi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Mar 2013 01:40
Last Modified: 29 Jan 2019 18:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10207

Actions (login required)

View Item View Item