PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGARGOMULYO KECAMATAN DUKUN, KABUPATEN MAGELANG

Pariyem, - (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGARGOMULYO KECAMATAN DUKUN, KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pariyem.pdf

Download (39Kb) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngargomulyo Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang” bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis karangan deskripsi antara pembelajaran menulis karangan deskripsi yang menggunakan media gambar berseri dengan pembelajaran menulis karangan deskripsi yang tidak menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas IV SD Negeri Ngargomulyo. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media gambar berseri dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri Ngargomulyo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan media gambar berseri dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Sebelum dilaksanakan tes, instrumen penelitian ini telah divalidasi oleh ahlinya. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngargomulyo. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada skor siklus Idan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 65,33 dan pada siklus II meningkat menjadi 70,11. Persentase ketuntasan minimal siswa pada siklus I mencapai 72,22%, sedangkan pada siklus II mencapai 88,88%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media gambar berseri efektif digunakan pada pembelajaran menulis karangan deskripsi karena dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Berdasarkan hasil tersebut, maka media gambar berseri efektif digunakan pada pembelajaran menulis karangan deskripsi di kelas IV SD Negeri Ngargomulyo. Kata kunci: keterampilan menulis karangan deskripsi, media gambar berseri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Depositing User: admin PGSD fip
Date Deposited: 05 Mar 2013 01:40
Last Modified: 05 Mar 2013 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10206

Actions (login required)

View Item View Item