MENINGKATAN HASIL BELAJAR PERKALIAN BILANGAN CACAH MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SD

Rayungsari, Erna (2013) MENINGKATAN HASIL BELAJAR PERKALIAN BILANGAN CACAH MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SD. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Erna Rayungsari.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar perkalian bilangan cacah siswa Kelas II SD Negeri Daleman Kidul 1 melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas II SD Negeri Daleman Kidul 1 Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Objek penelitian ini berupa peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes dan observasi. Analisis data hasil tes dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase, sedangkan hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan PMRI dapat meningkatkan hasil belajar perkalian bilangan cacah siswa kelas II SD Negeri Daleman Kidul 1. Peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah melalui PMRI pada siklus I sebesar 22, kondisi awal 49,5 meningkat menjadi 71,5. Peningkatan hasil belajar perkalian bilangan cacah melalui PMRI pada siklus II sebesar 31, kondisi awal 49,5 menjadi 80,5. Kata kunci: pembelajaran perkalian bilangan cacah, PMRI, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Mar 2013 08:27
Last Modified: 29 Jan 2019 18:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10204

Actions (login required)

View Item View Item