PELAKSANAAN MANAJEMEN PENJAMINAN MUTU (ISO 9001:2000) PENDIDIKAN DI SMK N 3 PALU

MOHAMMAD , SAHRIR (2013) PELAKSANAAN MANAJEMEN PENJAMINAN MUTU (ISO 9001:2000) PENDIDIKAN DI SMK N 3 PALU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL M.SAHRIR (07518241013).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan sistem manajemen mutu pendidikan berdasarkan standar manajemen mutu ISO 9001:2000 dalam pengembangan budaya mutu pada unit pendidikan SMKN 3 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang metode pengambilan datanya dengan menggunakan angket/kuesioner terbuka dan sebagai data pendukung dan pengoreksi, dilakukan juga menggunakan angket terhadap siswa. Penelitian dilaksanakan di SMKN 3Palu, mulai bulan Mei – Juni 2012. Populasi dari penelitian ini berjumlah 167 yang melibatkan pihak sekolahkhususnya pihak yang terlibat dalam manajemen penjaminan mutu pendidikan SMKN 3 Palu (pengampu kebijakan, guru dan para staf) , sedangkan sampel dari penelitian ini Berjumlah 40 orang yakni kepala sekolah, wakasek kurikulum, wakasek kesiswaan, wakasek sarana-prasarana, wakasek QMR, Staf QMR, ketua jurusan dan sekjur, ketua program keahlian, kepala bagian tata usaha, komite sekolah serta siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha-Cronbach.Analisis data dilakukan berdasarkan persentase pencapaian setelah dilakukan perhitungan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat/ persentase pencapaian Pelaksanaan manajemen penjaminan mutu pendidikan berdasarkan standar sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 yang meliputi aspek sistem dokumentasi manajemen mutu dengan persentase pencapaian sebesar 68.41 % berada dalam kategori baik, aspek tanggung jawab manajemen dengan persentase pencapaian sebesar 74.68 % berada dalam kategori baik, aspek pengelolaan sumber daya dengan persentase pencapaian sebesar 76.60 % berada dalam kategori baik, aspek realisasi lulusan dengan persentase pencapaian sebesar 74.37 % berada dalam kategori baik, aspek pengukuran, analisis dan perbaikan sistem manajemen mutu dengan persentase pencapaian sebesar 71.40 % berada dalam kategori baik serta aspek pelaksanaan sistem manajemen mutu dengan persentase pencapaian sebesar 75.41 % berada dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2013 02:22
Last Modified: 29 Jan 2019 18:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10171

Actions (login required)

View Item View Item