PENGELOLAAN EMOSI ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TK AL-AZHAR 31 YOGYAKARTA

Yulinda Rohedy , Yoshoawini (2013) PENGELOLAAN EMOSI ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TK AL-AZHAR 31 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Yulinda R.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara pengelolaan emosi anak usia 4-5 tahun dalam proses pembelajaran di TK Al-Azhar 31 Yogyakarta. Selain itu juga untuk mengetahui dinamika pengelolaan emosi yang dilakukan guru terhadap anak, yang ditujukan atau didasarkan pada bentuk emosi yang muncul pada anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak usia 4-5 tahun yang duduk di kelompok A TK Al- Azhar 31 Yogyakarta. Obyek penelitian ini berupa cara atau teknik pengelolaan emosi dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa foto-foto teknik pengelolaan emosi selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis data dengan reduksi, display, dan verifikasi. Penentuan kebenaran data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bentuk emosi yang muncul pada anak diantaranya: emosi positif yang meliputi kegembiraan dan kasih sayang, emosi negatif yang mencakup marah, takut, cemas atau khawatir. Pengelolaan emosi yang dilakukakan guru diwujudkan dalam tindakan yaitu: (1) pemberian motivasi, (2) tidak melebih-lebihkan emosi, (3) melepaskan diri dari emosi, (4) mengenali emosi (empati), dan (5) mengelola emosi orang lain. Pengelolaan emosi yang telah dilakukan oleh guru, berpengaruh pada kemampuan anak dalam mengelola emosinya. Anak mulai terbiasa antri, bersabar, bergantian, bermain bersama, berbagi mainan, tidak mudah marah, dan mampu mengucapkan maaf. Kata kunci: Pengelolaan Emosi, Proses Pembelajaran, dan Taman Kanak-kanak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 12 Feb 2013 06:36
Last Modified: 29 Jan 2019 18:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10089

Actions (login required)

View Item View Item