Modul Praktikum Pengukuran Besaran Non-Listrik sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Elektronika Terapan di Kelas XI Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Pengasih

Eka , Susanti (2013) Modul Praktikum Pengukuran Besaran Non-Listrik sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Elektronika Terapan di Kelas XI Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Pengasih. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancang bangun, mengetahui unjuk kerja dan tingkat kelayakan Modul Praktikum Pengukuran Besaran Non-Listrik sebagai media pembelajaran untuk kelas XI ELIND di SMK Negeri 2 Pengasih. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan Borg & Gall. Objek penelitian ini adalah Modul Praktikum Pengukuran Besaran Non-Listrik. Tahap pengembangan produk meliputi 1) Melakukan analisis produk, 2) Mengembangkan produk awal, 3) Validasi ahli dan revisi, 4) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi dan 5) Uji lapangan skala besar dan produk akhir. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi 1) Pengujian dan pengamatan unjuk kerja serta 2) Angket penelitian. Adapun validasi media pembelajaran melibatkan tiga ahli materi pembelajaran dan tiga ahli media pembelajaran dan ujicoba pemakaian dilakukan oleh 31 siswa kelas XII ELIND SMK 2 Pengasih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unjuk kerja Modul Praktikum Pengukuran Besaran Non-Listrik bekerja dengan otomatis dalam sistem pengukuran yang menggunakan sensor dan tranduser. Hasil pengujian yang telah dilakukan, diketahui bahwa unjuk kerja modul ini dapat bekerja dengan baik dalam pengukuran dan konversi besaran non-listrik. Hasil pengukuran temperatur linier pada saat suhu 100-1100C dengan nilai toleranasi kesalahan 2,93%, pengukuran sudut linier pada posisi 1000-2800 dengan nilai toleransi 1,79% sedang toleransi kesalahan saat 00-3000 sebesar 13,48% dan kelembaban udara sebesar 4,60 %. Hasil validasi isi menggunakan validator ahli materi pembelajaran memperoleh tingkat validitas sebesar 75,88% dengan kategori layak, sedangkan validasi konstrak menggunakan validator ahli media pembelajaran memperoleh tingkat validitas sebesar 89,39% dengan kategori sangat layak, dan dalam uji pemakaian oleh siswa kelas XI ELIND mendapatkan tingkat validitas sebesar 81,45% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2013 01:27
Last Modified: 29 Jan 2019 18:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9967

Actions (login required)

View Item View Item