PENERAPAN METODE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEORI PKK DI SMP NEGERI 3 MARGASARI - TEGAL

Meylany , Pemugari (2012) PENERAPAN METODE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEORI PKK DI SMP NEGERI 3 MARGASARI - TEGAL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -10511247002.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-10511247002.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-10511247002.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-10511247002.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-10511247002.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui tingkat keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran teori PKK di SMP Negeri 3 Margasari, (2) Mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran teori PKK di SMP Negeri 3 Margasari sebelum dan sesudah penerapan metode think-pair-share. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas atau yang sering disebut Classroom Action Reserch. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling pada kelas VII. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan instrumen penelitiannya yaitu lembar observasi keaktifan belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran teori PKK pada pra tindakan 32% dengan kategori rendah, meningkat pada siklus I dengan menggunakan metode think-pair-share 63% dengan kategori sedang, dan pada siklus II meningkat dengan metode think-pairshare sebesar 82% dengan kategori tinggi. (2) Keaktifan belajar siswa sebelum penerapan metode think-pair-share sebesar 32% meningkat pada siklus I dengan penerapan metode think-pair-share sebesar 31% menjadi 63%, pada siklus II terjadi peningkatan kembali sebesar 19% dimana keaktifan siswa pada siklus II menjadi 82%. Kata kunci: Metode Think-Pair-Share, keaktifan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Think-Pair-Share, keaktifan
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:08
Last Modified: 29 Jan 2019 18:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9800

Actions (login required)

View Item View Item