PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PELAJARAN IPS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI NGRENAK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Mytalia, Mytalia (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PELAJARAN IPS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI NGRENAK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08108244068.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08108244068.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08108244068.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08108244068.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108244068.pdf

Download (159MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap motivasi belajar IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi di kelas IV SD Negeri Ngrenak. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, yaitu penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment Nonequivalent Control Group dengan perbedaan perlakuan yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dengan ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B SD Negeri Ngrenak tahun ajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 41 siswa. Kelas eksperimen sebanyak 21 siswa dan kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Kesahihan dan kepercayaan instrumen penelitian ini diperoleh melalui validasi Product Moment dan reliabilitas Alpha Chronbach. Hasil koefisien Alpha Chronbach 0,950, maka instrumen yang digunakan reliabel. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Ngrenak tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen adalah 84,76 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol 77,45. Dari hasil uji t diperoleh nilai t sebesar 3,489 dan nilai sig 0,001 < 0,05. Artinya ada perbedaan yang signifikan hasil posttest kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Berdasarkan adanya perbedaan signifikan dari hasil posttest, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match mempengaruhi motivasi belajar pada pembelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi di kelas IV SD Negeri Ngrenak. Kata kunci: pembelajaran IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match, motivasi belajar
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Feb 2013 04:01
Last Modified: 29 Jan 2019 18:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9733

Actions (login required)

View Item View Item