Baktiyas Dwi , Wulandari (2012) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA KELAS III MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DI SD NEGERI DONOKERTO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
bab 1 -08108247051.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 -08108247051.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 -08108247051.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
cover -08108247051.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
lampiran -08108247051.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA kelas III melalui penggunaan media pembelajaran audio visual di SD Negeri Donokerto, Turi, Sleman. Penelitian pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai perancang kegiatan pembelajaran dan guru sebagai pelaksananya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N Donokerto,Turi Sleman yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan secara kuantitatif dan dianalisis dengan statistik persentase untuk digunakan dalam penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa ditandai dengan peningkatan persentase aspek-aspek motivasi melalui observasi selama dua siklus, yaitu aspek perhatian meningkat 19.44% dari 63.89% pada siklus I menjadi 83.33% pada siklus II, aspek minat meningkat 14.59% dari 58.33% pada siklus I menjadi 72.92% pada siklus II, aspek kemauan meningkat 11.66% dari 63.33% pada siklus I menjadi 74.99% pada siklus II, dan aspek ketekunan meningkat 10.42% dari 60.41% pada siklus I menjadi 70.83% pada siklus II. Hasil rerata peningkatan motivasi belajar dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 14.03%, yaitu dari 61.49% pada siklus I meningkat menjadi 75.52% pada siklus II. Peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya perubahan sikap siswa yang lebih baik pada saat mengikuti pembelajaran IPA. Siswa memiliki semangat belajar lebih besar daripada sebelumnya. Siswa lebih aktif dan antusias mengikuti pembelajaran serta mampu memusatkan perhatian terhadap materi pembelajaran. Siswa lebih disiplin, tekun menghadapi tugas dan tidak ada lagi yang membolos saat pelajaran berlangsung seperti yang dilakukan sebelumnya. Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran Audio Visual.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran Audio Visual. |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 30 Jan 2013 06:14 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9558 |
Actions (login required)
View Item |