Anis , Iswanti (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SD TEGALDOWO BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
Motto - Daftar Lampiran.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
Sampul.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA _ lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN+IJIN PENELITIAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA melalui penggunaan pendekatan sains teknologi masyarakat pada materi sumber daya alam siswa kelas IV SD Tegaldowo Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model putaran spiral oleh Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Pelaksanaan tindakan setiap siklus dilakukan dengan cara menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat dalam pembelajaran IPA pada materi sumber daya alam. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi. Metode observasi dilakukan untuk mengetahui keterampilan proses siswa pada saat mengikuti pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini menggunakan kriteria normatif yaitu apabila terjadi kenaikan sesudah tindakan. Dalam penelitian ini guru melakukan empat tahap dalam menerapkan pendekatan sains teknologi masyarakat. Tahap yang pertama yaitu invitasi, eksplorasi, solusi dan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan proses siswa yaitu keterampilan mengamati, keterampilan menafsirkan, keterampilan menggunakan alat, keterampilan klasifikasi, keterampilan melakukan percobaan, keterampilan mengkomunikasikan, dan keterampilan mengajukan pertanyaan meningkat sebesar 12,50%, keterampilan meramalkan dan keterampilan menerapkan konsep meningkat sebesar 18,75%. Jadi, dapat disimpulkan dengan menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat, keterampilan proses IPA siswa di SD Tegaldowo dapat meningkat. Kata kunci: pendekatan sains teknologi masyarakat, keterampilan proses
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan sains teknologi masyarakat, keterampilan proses |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 10 Jan 2013 03:42 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9420 |
Actions (login required)
View Item |