PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTU MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK KELAS V SD NEGERI SINDUADI 1

Rahma, Anin Syafatia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTU MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK KELAS V SD NEGERI SINDUADI 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Anin Syafatia R_20108241080_Skripsi Final fix_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik berbantu Media Pop-Up Book terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD Negeri Sinduadi 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode penelitian kuasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 55 siswa. Sejumlah 28 siswa sebagai kelompok eksperimen diberi perlakuan penggunaan model pembelajaran matematika realistik dan 27 siswa sebagai kelompok kontrol. Kedua kelompok tersebut sama-sama diberi bantuan media Pop-Up Book. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan tes kemampuan penalaran matematis. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes berupa soal uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh sebagai hasil penelitian disajikan dengan teknik analisis statistik deskriptif uji-t melalui uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari Model Pembelajaran Matematika Realistik berbantuan media PopUp Book terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi volume bangun ruang balok dan kubus kelas V SD Negeri Sinduadi 1. Hal ini ditunjukkan dengan adanya rata-rata nilai tes yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 71,04, sedangkan kelompok kontrol memperoleh rata-rata senilai 59,1. Hal tersebut diperkuat dengan hasil uji-t yang telah dilakukan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,074 atau lebih besar dari taraf signifikansinya, yaitu 5%. Hasil data tersebut juga diperoleh dari thitung sebesar 1,820 kemudian dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,006 dengan df = 53. Kata kunci: model pembelajaran matematika realistik, media Pop-U Book, kemampuan penalaran matematis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:39
Last Modified: 13 Jun 2024 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82381

Actions (login required)

View Item View Item