HUBUNGAN PEMAHAMAN HAKIKAT SAINS GURU KELAS DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV DI SD NEGERI SEKAPANEWON KALASAN

Ulhaq, Dhiya (2024) HUBUNGAN PEMAHAMAN HAKIKAT SAINS GURU KELAS DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV DI SD NEGERI SEKAPANEWON KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Artikel Skripsi_Dhiya Ulhaq fiks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)

Abstract

Pemahaman hakikat sains merupakan hal yang penting untuk dipahami oleh seorang pendidik agar pembelajaran IPA di kelas dapat diterapkan secara tepat. Dengan begitu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman hakikat sains guru kelas dan implementasi pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri se-Kapanewon Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian korelasional. Partisipan penelitian ini sebanyak 26 pendidik di SD Negeri seKapanewon Kalasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa skala untuk mengukur variabel pemahaman hakikat sains dan observasi terstruktur untuk mengukur variabel implementasi pembelajaran IPA. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar skala dan lembar observasi checklist yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis statistik deskriptif dan uji korelasi Spearman Rank. Berdasarkan hasil penelitian, variabel pemahaman hakikat sains guru kelas dan variabel implementasi pembelajaran IPA memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,563. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan dan positif. Selain itu, hubungan kedua variabel tersebut berada pada kategori cukup. Dengan begitu, sebaiknya pendidik aktif dalam meningkatkan pemahaman hakikat sains agar dapat mengimplementasikan pembelajaran IPA dengan baik. Kata kunci: guru kelas, implementasi pembelajaran IPA, pemahaman hakikat sains

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:49
Last Modified: 13 Jun 2024 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82369

Actions (login required)

View Item View Item