PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD MUHAMMADIYAH SIDOREJO SEMIN

Sumarno, Michelle Caesari (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD MUHAMMADIYAH SIDOREJO SEMIN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI_Michelle Caesari Sumarno_19108241093_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mind mapping berbasis digital mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang layak dan praktis untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD Muhammadiyah Sidorejo Semin. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model yang dikemukakan Brog & Gall dalam Sugiyono dengan delapan dari sepuluh langkah pengembangan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Subjek uji coba yaitu 10 peserta didik kelas V serta guru kelas V pada uji coba produk awal, serta 29 peserta didik kelas V dan guru kelas V pada uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran mind mapping berbasis digital mata pelajaran Pendidikan Pancasila layak dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V sekolah dasar. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 5,0 dengan kategori “Sangat Layak”. Dan hasil validasi ahli media tahap I diperoleh rata-rata skor 3,8 dengan kategori “Layak”. Selanjutnya hasil validasi ahli media tahap II diperoleh rata-rata skor 4,5 dengan kategori “Sangat Layak”. Kemudian hasil validasi ahli media pada tahap III diperoleh skor rata-rata 4,9 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil yang didapatkan pada uji coba produk awal, media yang dikembangkan sesuai penilaian peserta didik mendapatkan skor rata-rata 4,76 dengan kriteria “Sangat Layak”. Kemudian pada penilaian guru terhadap produk yang dikembangkan pada tahap uji coba awal adalah rata-rata skor sebesar 4,9 dengan kriteria “Sangat Layak”. Selanjutnya, hasil yang didapatkan pada uji coba lapangan media yang dikembangkan, sesuai penilaian peserta didik mendapatkan skor rata-rata 4,98 dengan kriteria “Sangat Layak”. Kemudian pada penilaian guru terhadap produk yang dikembangkan pada tahap uji coba lapangan adalah rata-rata skor sebesar 5,0 dengan kriteria “Sangat Layak”. Selanjutnya hasil uji efektivitas diperoleh hasil bahwa pemahaman siswa meningkat setelah menggunakan media. Kata Kunci : Mind Mapping, Digital, Pemahaman, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:53
Last Modified: 10 Jun 2024 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82316

Actions (login required)

View Item View Item