PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS III DI SD N PERCOBAAN 3 PAKEM

Nurazizah, Hanna Waladatun (2024) PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS III DI SD N PERCOBAAN 3 PAKEM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Hanna Waladatun Nurazizah_19108241006_Skripsi_Revisi BEBAS TEORI 1 REV 2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas III di SD N Percobaan 3 Pakem. Selain itu, mengungkap keunikan yang terdapat di sekolah tersebut sehingga nantinya dapat digunakan sebagai referensi bagi sekolah lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas III A dan III B, dan siswa kelas III A dan III B. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yang meliputi kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini yakitu uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas III dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan rapat rutin yang dilaksanakan sekolah bersama dengan kepala sekolah dan guru. Penanaman karakter disiplin dantanggung jawab dicantumkan di visi, misi, dan tujuan sekolah, serta tata tertib sekolah SD N Percobaan 3 Pakem. Pelaksanaan karakter disiplin dan tanggung jawab dilaksanakan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, serta pengondisisan. Dalam pelaksanaannya sudah dapat dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan karakter disiplin dan tanggung jawab. Evaluasi terkait penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab yaitu masih terdapat siswa yang terlambat mengikuti kegiatan Jumat Sehat, kegiatan PKS juga masih tertunda. Kemudian solusi dari pihak sekolah selalu mengingatkan, membimbing, memantau, dan menegur siswa. Selain itu diadakan pertemuan dengan orang tua siswa untuk membahas mengenai parenting. Kata Kunci: Karakter, Disiplin, Tanggungjawab

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Filsafat. Psikologi. Agama > Etika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:25
Last Modified: 06 Jun 2024 04:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82254

Actions (login required)

View Item View Item