UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SD NEGERI 2 SRANDAKAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA WUJUD BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Mirza, Attar Nazaruddin (2024) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SD NEGERI 2 SRANDAKAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA WUJUD BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi Attar Nazaruddin Mirza_fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan kreativitas siswa pada Pembelajaran Tematik Subtema Wujud Benda melalui model pembelajaran berbasis proyek di kelas III SD Negeri 2 Srandakan, dan 2) mengetahui hasil peningkatan peningkatan kreativitas siswa pada Pembelajaran Tematik Subtema Wujud Benda melalui model pembelajaran berbasis proyek di kelas III SD Negeri 2 Srandakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemiis dan Mc. Taggart dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Srandakan yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi dan skala. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran sudah menggunakan langkah-langkah model pembelajaran berbasis proyek pada siklus I siswa mampu menyampaikan gagasan dan karya yang orisinal serta menunjukkan keluwesan berpikir dalam membuat karya dan lebih baik lagi pada siklus II. 2) Peningkatan persentase kreativitas siswa pada pra-tindakan yaitu 54,97% meningkat pada siklus I menjadi 62,66% dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 74,68%. Setiap aspek kreativitas siswa yaitu Gagasan Orisinal, Karya Orisinal, dan Keluwesan berpikir berkategori BAIK dan ≥ 70% pada siklus II berturut-turut yaitu 73,08%, 73,32%, dan 78,53%. Hasil penelitian juga menunjukkan 12 dari 13 (92%) siswa memiliki kreativitas dengan kategori BAIK dan SANGAT BAIK pada siklus II. Kata kunci: Kreativitas Siswa, Model Pembelajaran Berbasis Proyek

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:46
Last Modified: 05 Jun 2024 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82224

Actions (login required)

View Item View Item