UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN METODE GASING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD N 1 BUNTALAN

Prayoga, Aji Aryo (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN METODE GASING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD N 1 BUNTALAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Aji Aryo Prayoga_ Skripsi Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menggunakan Metode Gasing, dan (2) meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi penjumlahan menggunakan Metode Gasing pada siswa kelas II SD N 1 Buntalan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindskan Kelas (PTK) dengan desain model Kemmis dan McTaggart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II SD N 1 Buntalan yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes evaluasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode triangulasi data. Adapun kriteria keberhasilan yaitu nilai rata-rata lebih dari 65 dan persentase ketuntasan siswa 85% dari jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran selama menggunakan Metode Gasing berjalan sangat baik yang dapat disimpulkan dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Selain itu hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 65,45 dengan persentase ketuntasan siswa 68,18%. Selanjutnya pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata kelas 72,73 dan persentase ketuntasan siswa sebesar 95,45%. Kata kunci: Metode Gasing, operasi hitung penjumlahan, hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:02
Last Modified: 04 Jun 2024 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82185

Actions (login required)

View Item View Item