Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Permainan Kecil Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMA Kelas X

Rachman, Ridwan Abdul (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Permainan Kecil Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMA Kelas X. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ridwan abdul rachman_22611251076.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menyusun konstruk/disain konseptual model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan kecil untuk meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik kelas X, (2) mengetahui kelayakan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan kecil untuk meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik kelas X di SMAN 91 Jakarta, (3) menganalisis kepraktisan panduan penggunaan Model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan kecil untuk meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik kelas X di SMAN 91 Jakarta, dan (4) menganalisis keefektivan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan kecil dalam peningkatan kebugaran jasmani peserta didik kelas X di SMAN 91 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan pengembangan. Tahapan pengembangan meliputi analzse, design, develope, implement, dan evaluate. Tempat penelitian di SMAN 91 Jakarta. Subjek penelitian melibatkan Guru PJOK, Peserta didik SMAN 91 Jakarta, dan pakar di bidangnya. Uji coba terdiri dari validasi ahli, ujicoba skala kecil, ujicoba skala besar, dan uji efektivitas. Permainan kecil yang digunakan berjumlah 10 permainan dengan konteks gerakan yang berkaitan dengan materi kebugaran jasmani seperti ada gerakan berlari dengan arah yang berbeda, melompat, bentuk latihan kekuatan, daya tahan dan komponen kebugaran lainnya. Instrumen pengumpulan data penelitian menggunakan kuisioner dan Tes rangkaian Kebugaran Jasmani Menggunakan pengukuran BMI, Sit & Reach, Handgrip Test, Bleep Test & Squat Rush Test. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Paired t-Test dengan bantuan software SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa model Pembelajaran berbasis permainan kecil dengan lima komponen untuk meningkatkan kebugaran jasmani Kesehatan peserta didik yaitu diantaranya adalah daya tahan paru-jantung(kardiorespirasi), kelenturan, kekuatan, daya tahan otot dan komposisi tubuh. Model yang dibuat berdasarkan para ahli dan praktisi guru PJOK yaitu valid, layak dan praktis untuk dipergunakan dalam pembelajaran Penjasorkes, dan efektif dalam peningkatkan kebugaran jasmani peserta didik kelas X SMAN 91 Jakarta berdasarkan hasil uji efektivitas dengan menggunakan uji paired t-test dan Wilcoxon untuk ke-5 hasil kebugaran jasmani memiliki nilai rata Asymp.Sig.(2-tailed) 0,001 < 0.005, namun ditemukan pada komponen komposisi tubuh didapatkan hasil 0.016 hal ini dikarenakan pada komposisi tubuh peserta didik terdapat khususnya berat badan ada yang mengalami kenaikan dan penurunan berat badan, faktor tersebut bisa dikarenakan produk yang diberikan peneliti pada saat pembelajaran berlangsung atau kondisi keseharian peserta didik dalam beraktivitas di luar sekolah. Saran untuk kelanjutan mengenai penelitian ini menurut peneliti yaitu perlu lagi dikembangkan dan divariasikan model yang berupa produk buku pembelajaran untuk menjadi refrensi guru PJOK dalam mengembangkan dan memperluas wawasan tentang bagaimana membuat suatu materi bisa dikemas ke dalam bentuk Permainan sehingga peserta didik bisa mengikuti kegiatan belajar dengan senang dan bisa meningkatkan kemampuan kebugarannya dengan baik.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, kebugaran jasmani, pembelajaran pendidikan jasmani, permainan kecil
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 May 2024 03:56
Last Modified: 30 May 2024 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82148

Actions (login required)

View Item View Item