PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATEMATIKA (MONOMATIKA) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI TEMBELANG

Kurniawan, Ramadhan Arif (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATEMATIKA (MONOMATIKA) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI TEMBELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Full Skripsi Ramadhan Arif Kurniawan_19108241176.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian pengembangan media ini memiliki tujuan untuk mendapatkan produk media pembelajaran Monopoli Matematika (MONOMATIKA) yang layak dan praktis untuk meningkatkan motivasi belajar peserta di kelas VI SD Negeri Tembelang. Media MONOMATIKA memiliki kelebihan berupa media pembelajaran visual tiga dimensi yang dapat dipegang langsung oleh peserta didik yang mudah digunakan dan bersifat konkret. Dengan adanya media MONOMATIKA ini merupakan salah satu cara untuk membantu peserta didik untuk memahami pembelajaran matematika serta meningkatkan motivasi belajar. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (RnD) yang menggunakan model ADDIE. Adapun beberapa tahapan penelitian yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tembelang dengan subjek penelitian peserta didik kelas VI SD Negeri Tembelang. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket serta data dianalisis dengan cara deskriptif kuantitatif. Tahap wawancara dan observasi bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang ada di kelas. Tahap perancangan media dimulai dengan membuat sketsa media serta menyiapkan bahan. Kemudian tahap pengembangan yaitu membuat media MONOMATIKA dengan bahan yang sudah disiapkan dan dilanjutkan dengan proses validasi. Tahap implementasi terdiri dari uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama. Selanjutnya tahap evaluasi pada media setelah melalui beberapa tahap dan media direvisi sesuai saran dari ahli. Media dinyatakan layak setelah divalidasi oleh ahli media dan materi. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,93 dengan kategori “Sangat Baik”. Serta validasi dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 4,5 dengan kategori “Sangat Baik”. Dalam uji coba media dengan peserta didik mendapatkan skor rata-rata 3,97 pada uji coba lapangan awal dan 3,95 pada uji coba lapangan utama dengan kategori “Baik”. Serta pada motivasi belajar peserta didik terdapat kenaikan setelah menggunakan media yang sebelumnya rata-rata skor 70% naik menjadi 78% setelah menggunakan media. Oleh karena itu dengan menggunakan media MONOMATIKA dapat meningkatkan motivasi belajar dari peserta didik dan layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kata Kunci : pengembangan media, monopoli matematika, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 May 2024 08:33
Last Modified: 21 May 2024 08:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82035

Actions (login required)

View Item View Item