Korelasi Pemahaman Materi Permainan Bola Besar, Peran Guru PJOK dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PJOK Peserta didik SD Kanisius Kalasan

Susanto, Stefanus Prasetyo Yudi (2024) Korelasi Pemahaman Materi Permainan Bola Besar, Peran Guru PJOK dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PJOK Peserta didik SD Kanisius Kalasan. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_stefanus prasetyo yudi susanto_22604251026.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Korelasi Pemahaman Materi Permainan Bola Besar terhadap Hasil Belajar PJOK, Peran Guru PJOK dengan Hasil Belajar PJOK. Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK, Pengaruh Pemahaman Materi Permainan Bola Besar, Peran Guru PJOK dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK Peserta didik di SD Kanisius Kalasan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Penelitian ini dilakukan di SD Kanisius Kalasan. Waktu Penelitian adalah 19 Januari-08 Maret 2024. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas atas, yaitu kelas 5 dengan jumlah 37 peserta didik di SD Kanisius Kalasan. Pengumpulan data menggunakan lembar soal untuk pemahaman materi permainan bola besar, Pengumpulan data menggunakan lembar angket pernyataan untuk Peran Guru dan Motivasi belajar, dan pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk Hasil Belajar PJOK. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Korelasi Pearson Correlation. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman materi permainan bola besar terhadap hasil belajar PJOK peserta didik di SD Kanisius Kalasan dengan nilai pearson correlation = 0.460 dan p-value (sig-2tailed) sebesar 0.004. Terdapat korelasi signifikkan antara peran guru PJOK dengan hasil belajar PJOK di SD Kanisius Kalasan dengan nilai pearson correlation = 0.546 dan p-value (sig-2tailed) sebesar 0.000. Terdapat korelasi signifikkan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK di SD Kanisius Kalasan dengan nilai pearson correlation = 0.673 dan p-value (sig-2tailed) sebesar 0.000. Adanya pengaruh signifikkan antara Pemahaman Materi Permainan Bola Besar, Peran Guru PJOK dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK Peserta didik di SD Kanisius Kalasan.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, motivasi belajar, pemahaman, peran guru
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:44
Last Modified: 05 Jun 2024 02:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81944

Actions (login required)

View Item View Item