PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD DABIN I KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Pramesty, Shefa (2024) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD DABIN I KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI SHEFA PRAMESTY_19108244010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kompetensi guru menjadi unsur penting dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, guru seharusnya memiliki tingkat kompetensi yang baik dalam melaksanakan tugasnya. Dengan kompetensi, diharapkan guru dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih baik. Sehingga hasil belajar yang diharapkan memuaskan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Dabin I Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2022/2023 di SD Dabin I Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang yang berjumlah 220 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan probability sampling dengan teknik proporsional random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel krecjie dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 142 orang. Populasi guru sebanyak 61, dengan pengambilan sampel teknik purposive sampling. Sehingga diperoleh Sampel Guru sebanyak 6 guru kelas V di SD Dabin I. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk data hasil belajar siswa (Y) dan angket untuk data kompetensi guru (X). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, pengujian hipotesis dengan analisis regresi linear sederhana serta uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan linearitas. Data penelitian dari uji linearitas cronbach’s alpha didapat sebesar 0,880. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan kompetensi guru terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa dengan nilai signifikansi α 0,001 < 0,05. Didapat nilai R sebesar 0,273, 0,046, 0,189 dan koefisien determinan atau R Square sebesar 0,075, 0,046, 0,036. Angka tersebut menunjukkan bahwa variabel kompetensi guru (X) berpengaruh terhadap variabel hasil belajar kognitif (Y) siswa sebesar 7,5%. Sisanya yaitu 92,5% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel kompetensi guru (X) berpengaruh terhadap variabel hasil belajar afektif (Y) siswa sebesar 4,6%. Sisanya yaitu 95,4% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel kompetensi guru (X) berpengaruh terhadap variabel hasil belajar Psikomotorik (Y) siswa sebesar 3,6%. Sisanya yaitu 96,4% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Agar dapat berdampak positif terhadap siswa terutama meningkatkan hasil belajarnya. Jadi dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: kompetensi guru, hasil belajar, siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:06
Last Modified: 29 Apr 2024 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81823

Actions (login required)

View Item View Item