Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Peserta ekstrakurikuler Panjat Tebing di Sekolah Dasar Negeri Dukuh Panjatan Kulon Progo

Marji, Marji (2024) Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Peserta ekstrakurikuler Panjat Tebing di Sekolah Dasar Negeri Dukuh Panjatan Kulon Progo. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_marji_20604221050.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik kasar pada peserta ekstrakurikuler panjat tebing di Sekolah Dasar Negeri Dukuh, Panjatan, Kulon Progo. Di dalam olahraga panjat tebing banyak kaitannya dengan kemampuan motorik kasar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah peserta ekstrakurikuler panjat tebing di Sekolah Dasar Negeri Dukuh, Panjatan, Kulon Progo yang berjumlah 33 peserta didik yang berdasarkan total sampling. Sampel dalam penelitian ini merupakan peserta ekstrakurikuler panjat tebing Sekolah Dasar Negeri Dukuh Panjatan Kulon Progo, dan karena selama ini kemampuan motoriknya belum diketahui dan belum pernah diteliti. Metode yang digunakan yaitu metode survei dengan menggunakan instrumen penelitian Motor Ability Test dari Nurhasan, teknik analisis data menggunakan stairtistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar peserta didik ekstrakurikuler panjat tebing di Sekolah Dasar Negeri Dukuh Panjatan dari kelas III, IV dan V berada pada kategori 18% (6 siswa) di kategori “Sangat Baik”, terdapat 9% (3 siswa) dikategori “Baik”, terdapat 40% (13 siswa) dikategori cukup, terdapat 21% (7 siswa) dikategori kurang dan terdapat 12% (4 siswa) dikategori “Sangat Kurang”.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler, motorik kasar, panjat tebing, sekolah dasar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Apr 2024 08:44
Last Modified: 24 Apr 2024 08:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81762

Actions (login required)

View Item View Item