PENGEMBANGAN BUKU AJAR MENULIS TEKS DESKRIPSI BERDASARKAN STRATEGI 3W2H BAGI SISWA KELAS VII SMP

Adiyaksa, Muhammad Fatwa (2024) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MENULIS TEKS DESKRIPSI BERDASARKAN STRATEGI 3W2H BAGI SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI_MUHAMMAD FATWA ADIYAKSA_18201244033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Skripsi ini berisi tentang pengembangan buku ajar menulis teks deskripsi berdasarkan strategi 3W2H bagi siswa kelas VII SMPN 1 Jetis. Peneliti memilih mengembangkan buku ajar menulis tek deskripsi agar guru dan siswa memiliki referensi yang mampu meningkatkan keterampilan serta fokus pada keterampilan tertentu menggunakan suatu pendekatan atau strategi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kelayakan buku ajar menulis berdasarkan strategi 3W2H yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan yang sering disebut Research and Development (R&D). Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan angket. Data yang berasal dari subyek dan obyek penelitian dapat berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penilaian yang telah dilakukan oleh ahli materi, guru Bahasa Indonesia, dan siswa menunjukkan bahwa buku ajar keterampilan menulis teks deskripsi berdasarkan strategi 3W2H dinyatakan “layak” untuk digunakan. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata skor keseluruhan aspek hasil validasi dari ahli materi, guru Bahasa Indonesia, dan siswa adalah 4,38 dengan tingkat kelayakan 87,6% berkategori “sangat baik”. Pada aspek isi, rata-rata skor yang diperoleh adalah 4,24 dengan tingkat kelayakan 84,8% berkategori “sangat baik”. Aspek penyajian buku memperoleh ratarata skor 4,48 dengan tingkat kelayakan 89,6% berkategori “sangat baik”. Pada aspek bahasa memperoleh rata-rata skor 4,38 dengan tingkat kelayakan 87,6% berkategori “sangat baik”. Pada aspek keempat, yakni kegrafikaan rata-rata skor yang diperoleh adalah 4,42 dengan tingkat kelayakan 88,4% berkategori “sangat baik”. Kata kunci : Buku ajar, menulis, teks deskripsi, strategi 3W2H

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:24
Last Modified: 24 Apr 2024 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81756

Actions (login required)

View Item View Item