PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) BERBASIS KARTU SISWA KELAS IV SD NEGERI REJODADI

Khasanah, Fadhilatun Nurul (2024) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) BERBASIS KARTU SISWA KELAS IV SD NEGERI REJODADI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
FiltextDTS__merged.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model TGT (Team Games Tournament) berbasis kartu kelas IV SD Negeri Rejodadi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Rejodadi yang terdiri dari 28 siswa. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tahap pelaksanaan model kooperatif Tipe TGT diawali dengan (1) Presentasi kelas oleh guru dengan beberapa pertanyaan yang ditujukan pada siswa serta memberikan apresiasi untuk siswa yang berani menjawab dan bertanya (2) Pembagian kelompok secara heterogen (3) Games, siswa secara berkelompok menyelesaikan pertanyaan dan permasalahan yang diberikan berbasis kartu dengan pemberian poin awal (4) Tournament, setiap kelompok berlomba menjawab pertanyaan dengan benar untuk mengumpulkan poin (5) Rekognisi, penghitungan total poin yang didapat serta memberikan apresiasi untuk kelompok dengan tiga poin tertinggi. Hasil penelitian dinyatakan berhasil karena telah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu 79%. Kata kunci : Keaktifan Belajar, Model TGT

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:00
Last Modified: 24 Apr 2024 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81749

Actions (login required)

View Item View Item