PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA KELAS V B SD NEGERI NGEBUNG BERAN KABUPATEN KULON PROGO

Hidayah, Wakhidatul (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA KELAS V B SD NEGERI NGEBUNG BERAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Fulltext Skripsi_Wakhidatul Hidayah_18108241130_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila melalui metode role playing pada kelas V B SD Negeri Ngebung Beran Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Negeri Ngebung Beran yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data yaitu lembar observasi guru dan siswa, lembar soal tes kognitif, serta lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V B SD Negeri Ngebung Beran pada setiap siklus. Berdasarkan hasil observasi dan refleksi yang telah dilakukan, proses pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Pancasila dalam Kehidupanku telah berjalan dengan baik. Pada pratindakan sebanyak 7 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 36,8%. Selanjutnya mengalami peningkatan menjadi 11 siswa yang tuntas dengan persentase 57,89% pada siklus I. Kemudian mengalami peningkatan kembali menjadi 16 siswa dengan persentase 84,21% pada siklus II. Penggunaan metode role playing dalam pembelajaran berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B SD Negeri Ngebung Beran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Pancasila dalam kehidupanku. Kata kunci: Hasil Belajar, Role Playing, Pancasila.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:34
Last Modified: 23 Apr 2024 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81719

Actions (login required)

View Item View Item