PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA HAK DAN KEWAJIBAN “UTANG HAJI” UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI SENDANGHARJO SLEMAN

Febriyani, Ida (2024) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA HAK DAN KEWAJIBAN “UTANG HAJI” UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI SENDANGHARJO SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
4. FullText Skripsi Revisi New.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media UTANG HAJI “Ular Tangga Hak dan Kewajiban” yang layak dan praktis, menguji kelayakan dan kepraktisan media UTANG HAJI “Ular Tangga Hak dan Kewajiban dalam pembelajaran PPKn. Media ini hanya dikhususkan untuk materi hak dan kewajiban bagi siswa kelas V di SD N Sendangharjo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan lima langkah yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SD N Sendangharjo, dengan subjek uji coba terbatas 8 siswa dan uji coba lapangan 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket penilaian untuk validasi ahli materi dan ahli media, penilaian oleh guru kelas dan siswa. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif rerata. Hasil penelitian menunjukkan media UTANG HAJI “Ular Tangga Hak dan Kewajiban” layak untuk digunakan pada pembelajaran PPKn di kelas V SD N Sendangharjo. Hal ini terbukti dari hasil validasi oleh ahli materi dengan skor rata-rata 4,46 masuk kategori “sangat layak”, dan hasil terakhir validasi oleh ahli media dengan skor rata 4,4 masuk kategori “sangat layak”. Hasil penilaian oleh guru kelas dengan skor rata-rata 5 masuk kategori “sangat praktis”. Hasil uji coba terbatas dengan skor ratarata 4,53 dan hasil uji coba lapangan dengan skor rata-rata 4,82. Hasil dari kedua uji coba yang dilakukan semuanya masuk dalam kategori “sangat praktis”. Kata kunci: media pembelajaran, ular tangga, hak dan kewajiban, kelas V SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:25
Last Modified: 23 Apr 2024 04:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81716

Actions (login required)

View Item View Item