PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN BINTARAN

Salsabilla, Farika Nur Dina (2024) PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN BINTARAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi Full Text_Farika Nur Dina S_PGSD_19108241049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan pengaruhpositive reinforcement terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas Vdi SDNBintaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Desainyang digunakan ialah quasi eksperimen, dengan bentuk nonequivalent control groupdesign. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SDN Bintaran kelas VAdan B. KelasVA dengan 23 siswa menjadi kelas kontrol dan kelas VB dengan 22 siswa menjadi kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pemberian penguatan positif dan skala motivasi belajar. Uji validitas instrumenmenggunakan judgment expert dan uji korelasi pearson (Product Moment). Uji reliabilitas dilakukan dengan Alpha Cronbach, dengan koefisien Alpha sebesar 0.841. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis yang digunakan adalah Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar matematika antara kelas yang diberikan perlakuan positive reinforcement dengankelas pembelajaran konvensional di kelas V SDN Bintaran. Hal itu berdasarkanuji independent sample t-test dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.003 > 0.05. Padahasil penelitian ini merujuk komponen yang terdapat dalamteori operant conditioning dari B.F Skinner seperti stimulus yang diberikan adalah positivereinforcement, respon dari siswa setelah adanya perlakuan, dan konsekuensi yangmuncul berupa motivasi belajar matematika. Adapun saran sesuai penelitianbagi guru adalah guru disarankan untuk lebih bervariasi dalam menerapkan positivereinforcement sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci: positive reinforcement, motivasi belajar, matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Apr 2024 08:15
Last Modified: 22 Apr 2024 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81687

Actions (login required)

View Item View Item