Profil Kemampuan Motorik pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Badranala Kabupaten Kebumen

Trisnawati, Trisnawati (2024) Profil Kemampuan Motorik pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Badranala Kabupaten Kebumen. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_trisnawati_20604221076.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampun motorik yang dimiliki oleh peserta didik kelas V se-gugus Badranala Kabupaten Kebumen. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei dalam bentuk tes dan pengukuran sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V se-gugus Badranala kabupaten Kebumen sebanyak 94 peserta didik yang terdiri dari 51 peserta didik putra dan 43 peserta didik putri. Instrumen yang digunakan adalah motor ability test milik Nurhasan (2007), yang meliputi shuttle run test 4x10 meter, tes lempar tangkap bola ke tembok dengan jarak 1 meter, stork stand positional balance test, tes lari cepat 30 meter dengan reliabilitas sebesar 0,93 dan validitasnya sebesar 0,87. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik peserta didik kelas V sekolah dasar se-gugus Badranala Kabupaten Kebumen berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 5,32% yaitu sebanyak 5 peserta didik, berada pada kategori “kurang” sebesar 27,66% yaitu sebanyak 26 peserta didik, berada pada kategori “cukup” sebesar 36,18% yaitu sebanyak 34 peserta didik, berada pada kategori “baik” sebesar 24,46% yaitu sebanyak 23 peserta didik, dan berada pada kategori “sangat baik” sebesar 6,38% sebanyak 6 peserta didik. Maka dari, itu hasil akhir dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik peserta didik kelas V se-gugus Badranala Kabupaten Kebumen berada pada kategori “CUKUP”. Diharapkan hasil dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi atau pedoman dalam merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik, peserta didik kelas V
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:19
Last Modified: 22 Apr 2024 04:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81682

Actions (login required)

View Item View Item