Pengembangan Model Pembelajaran Ekoliterasi Berbasis Kemitraan Keluarga untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia di Kota Bengkulu.

Ismawati, Dwi and Harun, Harun (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Ekoliterasi Berbasis Kemitraan Keluarga untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia di Kota Bengkulu. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_dwi ismawati_20703261051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan (1) kondisi pembelajaran ekoliterasi di Kota Bengkulu, (2) model pembelajaran ekoliterasi berbasis kemitraan keluarga untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan di Kota Bengkulu, (3) model pembelajaran ekoliterasiberbasis kemitraan keluarga untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan di Kota Bengkulu yang layak, (4) model pembelajaran ekoliterasi berbasis kemitraan keluarga untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan di Kota Bengkulu yang praktis, dan (5) model pembelajaran ekoliterasi berbasis kemitraan keluarga untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan di Kota Bengkulu yang efektif. Penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan di Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah 182 anak usia dini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Data kelayakan model dianalisis menggunakan content validity coefficient dari formula Aiken’s, paired sample t- test analysis, dan ANOVA untuk menganalisis keefektivan model terhadap variable terikat dan analisis untuk mengetahui perbedaan tiap indikator pada karakter peduli lingkungan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) karakter peduli lingkungan anak telrgololng relndah, pembelajaran ekoliterasi disekolah masih sebatas pembelajaran melalui guru (contoh dari guru) dan media interaktif yang digunakan belum ada, selhingga tidak melndukung anak untuk belrelksplolrasi selcara mandiri, kelmudian guru masih mengajarkan pembelajaran ekoliterasi secara mendiri dan belum melakukan kemitraan dengan keluarga untuk melngelnalkan ekoliterasi sejak dini baik dirumah maupun disekolah. (2) model pembelajaran ekoliterasi berbasis kemitraan keluarga untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan anak usia dini dikembangkan dengan menggunakan tahapan model pengembangan Borg and Gall (3) Model pembelajaran ekoliterasi berbasis kemitraan keluarga untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan di Kota Bengkulu dinyatakan layak dan memenuhi kriteria kelayakan dilihat dari model, materi, dan media. (4) Model pembelajaran yang dihasilkan tersebut praktis untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan anak usia dini dilihat dari aspek keterlaksanaan pembelajaran dan 18 orang guru memberi nilai P = 93.4%. (5) Model pembelajaran yang dihasilkan efektif meningkatkan karakter peduli lingkungan, yang terbukti dari nilai pretest 46,4% dan nilai postest 80.2%..

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: anak usia dini, ekoliterasi, keluarga, kemitraan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Apr 2024 03:43
Last Modified: 19 Apr 2024 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81661

Actions (login required)

View Item View Item