PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KONSEP MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN DARAT KABUPATEN KULON PROGO

Purwanti, Rahayu Dwi (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KONSEP MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN DARAT KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Naskah Skripsi_Rahayu Dwi Purwanti_19108244056_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum tersedianya media pembelajaran pada pembelajaran materi bilangan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk pembelajaran berupa multimedia interaktif yang layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar materi bilangan pecahan desimal dan pecahan persen untuk siswa kelas IV SD Negeri Darat. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, (1974). Model 4D memiliki 4 tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. (Research and Development) dengan model 4D yaitu define, design, develop, dan dissemination. Namun, penelitian ini hanya sampai tahap develop karena keterbatasan penelitian. Subyek dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Darat yang terdiri dari 22 siswa dan 1 guru sebagai subyek uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif layak digunakan di sekolah dasar. Produk telah melalui tahap perencanaan, validasi ahli dan uji coba lapangan. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata sebesar 4,7 dengan kategori sangat layak dan validasi ahli media medapatkan skor rata-rata sebesar 4,5 dengan kategori sangat layak. Penilaian respon guru mendapatkan skor 4,6 dengan kategori sangat layak dan penilaian respon siswa mendapatkan rata-rata presentase skor sebesar 95% dengan kategori sangat layak. Kata kunci : multimedia, interaktif, bilangan pecahan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:01
Last Modified: 02 Apr 2024 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81584

Actions (login required)

View Item View Item