Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa Sekolah Dasar

Setiawan, Eko Putro Wahyu (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_eko putro wahyu setiawan_22604251012.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat produk model pendidikan jasmani untuk mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual untuk meningkatkan sikap sosial siswa sekolah dasar. Model Pendidikan Jasmani dikembangkan pada siswa sekolah dasar kecerdasan emosional dan spiritual untuk meningkatkan sikap sosial pada lima tahapan aktivitas fisik yang dimasukkan dalam model pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model desain pendidikan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dikembangkan oleh Reiser dan Molenda pada tahun 1990an untuk mengembangkan infrastruktur alat program pendidikan yang efektif, dinamis dan model desain pembelajaran yang memberikan pedoman umum. Subyek penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani sekolah dasar dan siswa sekolah dasar. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan terhadap seorang guru pendidikan jasmani dan 29 orang siswa di SD Ngupasan. Sedangkan tahap pelaksanaan dilakukan oleh satu orang guru pendidikan jasmani dan 54 orang siswa di SD N Keputran 2. Hasil penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani kecerdasan emosiaonal dan spiritual untuk meningkatkan sikap sosial pada siswa sekolah dasar , model pembelajaran ini divalidasi oleh para ahli yang terdiri dari 4 orang ahli yaitu 2 akademisi dan 2 praktisi dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga. Hasil validasi ahli 1 rerata 3,50, dan standar deviasi 0,52, ahli 2 rerata 3,33 dan standar deviasi 0,49, praktisi 1 rerata 3,58 dan standar deviasi 0,51, sedangkan praktisi 2 rerata 3,42 dan standar deviasi 0,51. Pada tahap uji coba ini dapat dijelaskan bawah tingkat kecerdasan emosional dalam kategori rendah sebanyak 6 (21%), sedang 1 (3%) dan tinggi 22 (76%). Tingkat kecerdasan spiritual dalam kategori rendah sebanyak 5 (17%), kategori sedang 2 (7%), dan tinggi 22 (76%) sedangkan tingkat sosial kategori rendah sebanyak 3 (10%), sedang 4 (14%), dan tinggi 22 (76%). Dalam uji coba besar memperlihatkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa kategori rendah sebanyak 2 (4%), sedang 3 (5%), dan tinggi 49 (91%), sedangkan kecerdasan spiritual memperlihatkan bahwa siswa berkategori rendah 0 (0%), sedang 2 (4%) dan tinggi 52 (96%). Untuk sikap sosial siswa kategori rendah sebanyak 3 (5%), sedang 1 (2%) dan tinggi 50 (93 %). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pendidikan jasmani disini sangat layak dan efektif untuk melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, sikap sosial
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:40
Last Modified: 02 Apr 2024 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81500

Actions (login required)

View Item View Item